AlQuran-Online

 

Login Anggota 

Random Ayat 

Artikel | Terbaru 

Sedang Online 

Kami memiliki 78 tamu dan tidak ada anggota online

005669
Hari Ini
Semalam
Dalam Minggu Ini
Total Pengunjung
1794
0
1794
5669

IP Kamu : 54.225.57.89
Waktu: 2017-11-21 07:59:52

Link Imsakiyah 1437H Medan

Minggu, 17 Maret 2013 07:40

Pengendalian Diri

Written by

self controlCeritanya ketika dulu sedang mengerjakan skripsi sarjana, saya punya seorang pembimbing yang bisa dikatakan bijak terutama dalam memaknai kehidupan. Sehingga sesi bimbingan saya tidak hanya di isi oleh bimbingan akademik, namun juga bimbingan jiwa.

Salah satu pesan yang selalu saya ingat adalah tentang pengendalian diri. Beliau kerap mengatakan kunci kehidupan adalah pengendalian diri. Tidak senang berlebihan saat berhasil, dan tidak sedih berlebihan saat gagal. percaya dan yakin bahwa dunia itu adalah perjalanan mencari Cinta-Nya, dan apa yang kita miliki hanya titipan semata; karena pada dasarnya kita lahir tanpa apa-apa.

Beliau juga selalu mengingatkan saya tentang kunci kepemimpinan juga adalah pengendalian diri. Dan pernah berpesan kalau suatu saat saya masuk politik, kuasai dulu pengendalian diri, tuntaskan dulu diri kita, baru masuk politik.

Minggu, 17 Maret 2013 07:31

Buat apa sih Kuliah?

Written by

Selamat Kamu sudah jadi mahasiswa

college-students1

lalu kenapa?

Memang apa sih kerennya jadi mahasiswa? Kamu pikir kamu keren kalau jadi mahasiswa? Dengan jas almamater yang heroik kamu jadi bisa kembali ke sekolah kamu dan berkata, “saya sekarang mahasiswa UNAIR loh” atau “ini nih lihat jaket kuning UI gw”.

Okey, itu memang salah satu bagian menyenangkan yang bisa dibanggakan, tapi kalo udah bangga, kamu mau apa? Apa yang kamu dapatkan dari kebanggaan tersebut?

‘seneng aja’

‘kepuasaan batin’

‘yah keren aja sih’

Ada lagi kah ?

Kamu udah yakin dengan pilihan jurusan dan kampus kamu? Sudah sesuai dengan panggilan jiwa belum? Atau kamui masih bohong sama diri kamu?

‘iya saya sudah yakin kok sama pilihan saya’

‘ah masa sih?, yakin? Itu kok muka masih belum pede tampaknya’

‘ya dibuat yakin dong, kan sudah keterima’

‘bener nih gak nyesel?’

‘emang ada pilihan lain kah?’

tuhan-bersama-mahasiswa-tingkat-akhirCeritanya beberapa waktu lalu saya diskusi dengan seorang mahasiswa doktoral dari Indonesia. saat itu, saya memutuskan untuk bergabung dengan riset yang beliau lakukan untuk kebutuhan thesis saya. beliau memberikan saya beberapa bahan untuk dibaca dan nanti kita akan kembali diskusi.

sebagai konsekuensi logis dari bergabungnya saya dalam riset ini adalah calon pembimbing saya akan saya dengan beliau. seorang profesor di bidang ekonomi makro. beberapa hari lalu saya berpapasan dengan beliau di tangga, dan beliau menyapa saya (kebetulan kita sudah saling kenal karena saya mengambil kelas bersama beliau).

‘Hi Yusuf, apakah kamu sudah baca-baca bahan untuk thesis kamu?’

‘Iya profesor, saya sudah baca-baca juga dari bahan yang dikirimkan dan juga beberapa referensi lain, namun belum banyak, saya masih mencoba mencari sisi menarik untuk diteliti’

‘apakah kamu sudah mengetahui jadwal pengerjaan thesis kamu?’

‘saya sudah cek jadwal, pertengahan april saya sudah harus selesai desain proposal, yah saya pikir awal april bisa saya coba tuntaskan, dan sekitar maret mungkin kita bisa diskusi awal’

Halaman 10 dari 27

Copyright © 2011 Forum Komunikasi Mahasiswa Muslim Harapan. All Rights Reserved.
Developed By : NIKAZAFAI COM & SOFIAN ARISYANDI